Minggu, 26 Januari 2014

UAS Belajar dan Pembelajaran Geografi


1.      Lima peran guru dalam proses pembelajaran
·         Guru sebagai pendidik  adalah guru yang memiliki kepribadian yang kuat untuk mengelola kelas untuk menjadi pautan para siswa.
·         Guru sebagai pengajar adalah guru yang menguasai semua materi yang akan diajarkan dengan baik.
·         Guru sebagai model dan teladan adalah  guru yang menunjukan sikap dan pribadi yang baik untuk dijadikan contoh bagi para siswanya.
·         Guru sebagai pembangkit adalah guru yang memiliki kemampuan motivator baik verbal dan nonverbal untuk meningkatkan perhatian dalam belajar.
·         Guru sebagai Pembawa cerita adalah guru yang membawakan cerita-cetita bermakna dalam selingan kelas agar menarik.

2.      Tujuh keterampilan dasar mengajar yang harus di kuasai oleh guru
·         Keterampilan bertanya adalah kemampuan bertanya yang menimbukan rasa keingin tahuan, juga merasang kemampuan berpikir dengan pertanyan-pertanyaan yang diajukan.
·         Keterampilan memberikan penguatan adalah kemampuan verbal dan nonverbal untuk memberikan pengutan pada siswa agar meningkatkan perhatian dalam belajar.
·         Keterampilan mengadakan variasi adalah kemampuan yang merujuk pada tindakan dan perbuatan guru yang disengaja atau spontan untuk memacu dan meningkatan perhatian siswa selama pelajaran berlangsung.
·         Keterampilan menjelaskan adalah kemampuan penyajian informasi secara lisan yang disampaikan secara sistematik untuk menunjukan adanya hubungan satu dengan yang lain.
·         Keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah kemampuan dalam menyampaikan pembukaan dan pentupan sesuai sistematik yang sudah dipelajari.
·         Keterampilan membimbing diskusi adalah kemampuan yang sama dengan menjelaskan tetapi dengan bimbingan untuk kelompok.
·         Keterampilan mengelola kelas adalah kemampuan untuk menciptakan dan memelihara yang optimal dan membalikan ketika terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.

3.      Aspek dan indikator kompetensi pedagogik
·         Menguasai karakteristik peserta didik
·         Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
·         Pengembangan kurikulum
·         Kegiatan pembelajaran yang mendidik
·         Pengembangan potensi peserta didik
·         Komunikasi dengan peserta didik
·         Penilaian dan evaluasi

4.      A. Apresepsi adalah menerima tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan baru dengan bantuan tanggapan yang telah ada.
B. Dua cara yang dapat dilakukan guru dalam apresepsi :
·         Pada saat pembukaan guru membuka kelas dengan cara mengaitkan topik terkini dengan tanggapan-tanggapan para ahli yang nanti akan menyampung pada pelajaran.
·         Dengan cara mengajukan petanyaan-pertanyaan yang akan berujung jawaban dengan tanggapan baru yag memiliki rujukan pada tanggapan yang sudah ada.

5.      A. Refleksi pembelajaran adalah sebuah kegiatan telaah, dan interpretasi data dari hasil pelaksanaan pembelajaran untuk menenatkan atau mengevaluasi ketercapaian tujuan perbaikan pembelajaran.
B.  Tindak lanjut terhadap refleksi adalah pencarian faktor-faktor penyebab kurang berhasil pada kegiatan pembelajaran.
C.  Lima tindak lanjut: memilih dan menetapkan topic selanjutnya, menetapkan strategi yang sesuai, menyusun RPP, menyusun perangkat pembelajaran, menyusun dan memperbaiki instrument data.

6.      Ciri-ciri guru mata pelajaran geografi yang ideal adalah
·         menguasai materi-materi geografi dengan baik
·         memiliki pengalaman geografi untuk menjelaskan suatu materi dengan jelas karena pernah melihat langsung
·         dapat menjaga sikap kegeografiannya dengan kepribadian yang kuat sehingga patut dicontoh oleh siswa.

7.      Yang dilakukan guru geografi yang profesional :
·         Memiliki kemampuan kominikatif yang baik
·         Memiliki pengetahuan yang luas
·         Menguasai materi dengan baik
·         Memiliki data-data yang bisa ditunjukan pada siswa
·         Memiliki pemutakhiran(update) ilmu geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar