1.
Lima
peran guru dalam proses pembelajaran
·
Guru
sebagai pendidik adalah guru yang
memiliki kepribadian yang kuat untuk mengelola kelas untuk menjadi pautan para
siswa.
·
Guru
sebagai pengajar adalah guru yang menguasai semua materi yang akan diajarkan dengan
baik.
·
Guru
sebagai model dan teladan adalah guru
yang menunjukan sikap dan pribadi yang baik untuk dijadikan contoh bagi para
siswanya.
·
Guru
sebagai pembangkit adalah guru yang memiliki kemampuan motivator baik verbal
dan nonverbal untuk meningkatkan perhatian dalam belajar.
·
Guru
sebagai Pembawa cerita adalah guru yang membawakan cerita-cetita bermakna dalam
selingan kelas agar menarik.
2.
Tujuh
keterampilan dasar mengajar yang harus di kuasai oleh guru
·
Keterampilan
bertanya adalah kemampuan bertanya yang menimbukan rasa keingin tahuan, juga
merasang kemampuan berpikir dengan pertanyan-pertanyaan yang diajukan.
·
Keterampilan
memberikan penguatan adalah kemampuan verbal dan nonverbal untuk memberikan
pengutan pada siswa agar meningkatkan perhatian dalam belajar.
·
Keterampilan
mengadakan variasi adalah kemampuan yang merujuk pada tindakan dan perbuatan
guru yang disengaja atau spontan untuk memacu dan meningkatan perhatian siswa
selama pelajaran berlangsung.
·
Keterampilan
menjelaskan adalah kemampuan penyajian informasi secara lisan yang disampaikan
secara sistematik untuk menunjukan adanya hubungan satu dengan yang lain.
·
Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran adalah kemampuan dalam menyampaikan pembukaan dan
pentupan sesuai sistematik yang sudah dipelajari.
·
Keterampilan
membimbing diskusi adalah kemampuan yang sama dengan menjelaskan tetapi dengan
bimbingan untuk kelompok.
·
Keterampilan
mengelola kelas adalah kemampuan untuk menciptakan dan memelihara yang optimal
dan membalikan ketika terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.
3.
Aspek
dan indikator kompetensi pedagogik
·
Menguasai
karakteristik peserta didik
·
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
·
Pengembangan
kurikulum
·
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
·
Pengembangan
potensi peserta didik
·
Komunikasi
dengan peserta didik
·
Penilaian
dan evaluasi
4.
A.
Apresepsi adalah menerima tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan baru dengan
bantuan tanggapan yang telah ada.
B. Dua cara yang
dapat dilakukan guru dalam apresepsi :
·
Pada
saat pembukaan guru membuka kelas dengan cara mengaitkan topik terkini dengan
tanggapan-tanggapan para ahli yang nanti akan menyampung pada pelajaran.
·
Dengan
cara mengajukan petanyaan-pertanyaan yang akan berujung jawaban dengan
tanggapan baru yag memiliki rujukan pada tanggapan yang sudah ada.
5.
A.
Refleksi pembelajaran adalah sebuah kegiatan telaah, dan interpretasi data dari
hasil pelaksanaan pembelajaran untuk menenatkan atau mengevaluasi ketercapaian
tujuan perbaikan pembelajaran.
B. Tindak lanjut terhadap refleksi adalah
pencarian faktor-faktor penyebab kurang berhasil pada kegiatan pembelajaran.
C. Lima tindak lanjut: memilih dan menetapkan
topic selanjutnya, menetapkan strategi yang sesuai, menyusun RPP, menyusun
perangkat pembelajaran, menyusun dan memperbaiki instrument data.
6.
Ciri-ciri
guru mata pelajaran geografi yang ideal adalah
·
menguasai
materi-materi geografi dengan baik
·
memiliki
pengalaman geografi untuk menjelaskan suatu materi dengan jelas karena pernah
melihat langsung
·
dapat
menjaga sikap kegeografiannya dengan kepribadian yang kuat sehingga patut
dicontoh oleh siswa.
7.
Yang
dilakukan guru geografi yang profesional :
·
Memiliki
kemampuan kominikatif yang baik
·
Memiliki
pengetahuan yang luas
·
Menguasai
materi dengan baik
·
Memiliki
data-data yang bisa ditunjukan pada siswa
·
Memiliki
pemutakhiran(update) ilmu geografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar