Sabtu, 09 Maret 2013

Resume Hakekat Pengajaran Geografi

Pengajaran geografi secara sederhana adalah geografi yang diajarkan di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah.
Richard Hartshore menekankan pengertian geografi pada karakter  variabel dari suatu tempat ke tempat yang lainnya sebagai dunia kehidupan manusia.  Geografi sebagai ilmu pencari penjelasan dan interpretasi tentang karakter  tadi sebagai hasil interaksi faktor-faktor geografi yang mencirikan tempat-tempat di permukaan bumi sebagai dunia kehidupan manusia kedalam interaksi itu termasuk pemanfaatan sumber daya lingkungan oleh manusia bagi kepentingan hidupnya.
Panitia Ad Hoc Geografi menjelaskan bagaimana lingkungan fisik di permukaan bumi terorganisasikan, dan bagaimana manusia tersebar di permukaan bumi itu dalam hubungan gejala alam tersebut dan dengan sesame manusia. Sifat khas tempat-tempat dipermukaan bumi ini sebagai dunia kehidupan manusia, tidak dapat dilepas dari lingkungan fisik yang memberikan peluang pada penyebaran umat manusia dengan corak kehidupannya.
Studi geografi tidak lepas dari kehidupan manusia di permukaan bumi sebagai hasil hubungan manusia dengan faktor-faktor geografi dipermukaan bumi.
Studi geografi berkenaan dengan kenyataan-kenyataan yang dialami seseorang dalam perjalanan hidupnya, yang dapat dihayati dengan kesatuan hubungan antara faktor-faktor geografi dengan manusia yang telah dimodifikasi, diubah, diadaptasi oleh tindakan manusia itu sendiri.
Objek studi geografi yaitu geosfer, yaitu permukaan bumi yang merupakan bagian dari bumi yang terdiri atas atmosfer, litosfer, hidrosfer dan biosfer.studi geografi mempelajari wilayah-wilayah permukaan bumi yang tersebar terbentuk lingkungan-lingkungan geografi tertentu yang menunjukan sistem kewilayahan dan sistem kelingkungan tertentu.
Manusia sebagai salah satu unsur geografi yang juga menjadi objek studi geografi ada dalam konteks biosfer. Dengan demikian kajian-kajian fisik dan fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi ataupun yang mempengaruhinya akan selalu dihubungkan dengan kedudukan manusia. Pentingnya mempelajari geografi itu adalah seluruh kajian menyangkut tentang manusia itu sendiri.
Geografi dan studi geografi berkenaan dengan :
1.      Permukaan bumi (geosfer)
2.      Alam lingkungan (atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer)
3.      Umat manusia dengan kehidupannya (antroposfer)
4.      Penyebaran keruangan gejala alam dan kehidupan termasuk persamaan dan perbedaan
5.      Analisis hubungan keruangan gejala-gejala geografi di permukaan bumi


Sumber : Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Bumi Aksara: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar